Senin, 28 Oktober 2013


IMA

IMA atau Indonesia Marketing Association merupakan sebuah organisasi profesi khususnya yang berhubungan dengan bidang pemasaran (marketing) di Indonesia yang di dalamnya berisikan orang-orang dari berbagai macam aspek suku, ras, agama, dan sebagainya. IMA resmi didirikan pada tanggal 20 Mei 1996 di Jakarta, yang terinspirasi oleh berdirinya Asosiasi Pemasaran Dunia (WMA).

IMA secara berkala mengadakan beberapa kegiatan rutin, diantaranya:
  1. Mengadakan pertemuan anggota.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pemasaran.
  3. Menerbitkan informasi pemasaran.
  4. Menjalin jaringan dengan para pemasar diseluruh dunia.
  5. Menyelenggarakan kegiatan pemasaran lain yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar Indonesia Marketing Association. (dikutip dari situs resmi www.ima.or.id)
Konsep utama dalam pembekalan kader, anggota maupun pengurus IMA adalah bahwa pemasaran bukan hanya tentang menjual, tetapi juga menjalin hubungan dengan kompetitor, konsumen maupun change agent seiring dengan tuntutan pasar yang tidak lagi bundar, tetapi datar. Maka dari itu, IMA diharapkan bisa menjadi wadah bagi mereka yang ingin memperluas jaringan koneksinya, khususnya dengan pemasar-pemasar lainnya.